Download Soal OSN IPA SD Tingkat Provinsi

Sebagai persiapan untuk mengikuti kegiatan Olimpiade Sains Nasional IPA pada tahun pelajaran 2019 Admin pada kesempatan ini akan membagikan soal untuk kegiatan OSN pada jenjang SD Sekolah Dasar. Soal yang Admin bagikan untuk kegiatan OSN ini merupakan untuk tingkat Provinsi yang telah dilaksanakan pada tahun 2017. Bagi Anda yang merupakan Guru yang pada saat ini sedang mencari contoh soal OSN , soal yang Admin bagikan ini tentu dapat Anda gunakan.

Soal IPA yang Admin bagikan dibuat berdasarkan Silabus OSN Ilmu Pengetahuan Alam. Soal ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Anda dalam persiapan kegiatan Olimpeade yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Selain dari pada soal Admin juga telah menyediakan jawaban serta pembahasannya, sehingga akan memudahkan Bapak dan Ibu Guru dalam mengkoreksi dan membahas setiap soal yang telah di kerjakan oleh setiap Siswa.

Download Soal OSN IPA SD Tingkat Provinsi
Selengkapnya mengenai soal untuk kelas OSN IPA jenjang SD ini dapat Anda simak dan download dibawah ini:

1. Di sekitar rumah Iwan pada malam hari musim penghujan, sering terdengar katak bersahut-sahutan dengan irama yang berbeda. Iwan berpendapat ada beberapa jenis katak yang berada di sekitar rumahnya, karena suara yang terdengar berbeda iramanya.
Iwan melakukan perekaman suara katak tersebut dan menganalisanya dengan menggunakan perangkat lunak komputer. Dalam metode ilmiah, pendapat Iwan yang menyatakan bahwa ada beberapa jenis katak di sekitar rumahnya merupakan ….
a. Mengajukan hipotesa
b. Merumuskan masalah
c. Melakukan eksperimen
d. Menyusun kerangka

2. Panel Surya berukuran 50 cm x 50 cm menghasilkan daya keluaran sebesar 50 watt. Efisiensi panel surya dapat ditingkatkan dengan menambahkan cermin datar di sekeliling panel. Penambahan ini meningkatkan efisiensi panel surya sebesar 15%. Daya keluaran panel surya tersebut setelah penambahan cermin adalah ….
a. 55,5 Watt
b. 56,5 Watt
c. 57,5 Watt
d. 58,5 Watt

3. Suatu tanaman ditumbuhkan pada kondisi lingkungan tanpa stress. Penyiraman dilakukan secara rutin dengan volume air yang normal. Tentukanlah bagian pada tanaman tersebut yang memiliki potensial air paling negatif ….
a. Epidermis akar
b. Jaringan parenkim korteks akar
c. Jaringan mesofil daun
d. Pembuluh xylem

4. Andi melakukan penelitian di belakang rumahnya. Ia menemukan beberapa ekor ikan, katak, siput, belalang, burung, dan jamur. Komponen ekosistem yang belum ia temukan adalah ….
a. Produsen
b. Konsumen
c. Dekomposer
d. Detritivor

5. Planet yang memiliki suhu paling panas adalah ….
a. Merkurius
b. Venus
c. Bumi
d. Jupiter

Soal Olimpade IPA SD Tingkat Provinsi

Dapat Bapak dan Ibu simak sekilas gambaran mengenai soal untuk kegiatan OSN diatas, selengkapnya untuk soal tersbeut dapat Anda unduh secara lengkap pada link dibawah ini:
Soal OSN IPA SD Tingkat Provinsi  (LINK)

0 Response to "Download Soal OSN IPA SD Tingkat Provinsi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel